Mari Mengenal Teknik Dalam Membatik

Mari Mengenal Teknik Dalam Membatik

Batik adalah salah satu ciri khas dari Indonesia. Batik merupakan salah satu budaya asli Indonesia yang diakui oleh UNICEF. Batik diciptakan oleh berbagai seniman. Nah dari pembuatan batik ini memiliki berbagau teknik. Diantaranya :

Teknik canting tulis

Kalau kamu sudah mengenal batik, nggak afdol kalau kamu belum mengenal yang namanya canting.  Canting ini alat khas Jawa yang digunakan untuk membatik. Dari alat inilah, teknik canting mulai dikenal di masyarakat Jawa. Canting ini fungsinya buat menuliskan motif batik diatas kain mori. Canting diisi dengan cairan malam terlebih dahulu lalu kain bisa dicelupkan ke pewarna. Nah pada bagian yang sudah ditulis ini nggak bakal luntur terkena warna. Teknik ini membutuhkan jiwa seniman dan ketelitian yang tinggi lho. Maka dari itu, harga batik tulis ini sangat mahal.

Teknik celup ikat

Teknik ini mungkin sudah pernah kamu pelajari di sekolah ya karenateknik ini sangatlah mudah. Pembuatan motif pada kain dibuat dengan cara mengikat sebagian kain lalu dicelupkan kedalam cairan pewarna. Habis itu, ikatan dibuka, nah pada kain yang terikat ini pasti nggak terkena warna kan. Inilah yang bakalan jadi motif pada batik. Teknik celup ikat juga dikenal dengan nama jumputan, tritik, sasirangan dan pelangi.

Teknik printing

Teknik printing ini diprint dengan alat printing. Proses pewarnaan pada batik printing ini hanya diwarnai pada satu sisi kainnya aja Loopers. Jadi pada proses produksinya lebih efisien dan lebih cepat. Bayangin aja dalam sekali cetak, satu warna itu hanya butuh waktu 5 menit saja lho Loopers. Nggak hanya itu, alat printing ini sangat canggih jadi motif batiknya bakalan lebih detail lho.

Teknik Cap

Teknik cap ini menggunakan alat canting cap yang timbul, dimana canting cap ini bakalan dicelupkan di cairan malam lalu dicapkan ke kain mori. Kelebihan dari teknik ini bisa lebih cepat dalam pemalaman.

Teknik colet

Kamu pasti pernah melihat batik dengan warna yang beda. Nah proses pembuatan dengan warna yang berbeda ini menggunakan teknik colet. Teknik ini akrab disapa dengan teknik lukis. Pembatik harus mengoleskan pewarna kain atau pewarna kain lainnya dengan menggunakan kuas lalu melukiskan motif diatas kain mori. Looper, teknik ini membutuhkan jiwa seni yang tinggi karena untuk membuat motif harus jeli, warnanya bisa menyatu. Semakin bagus motifnya, bakalan semakin tinggi pula harganya.

JASA PEMBUATAN PATUNG – SENI JUAL PATUNG JOGJA – KERAJINAN PATUNG – SENI PATUNG JOGJA – PRODUKSI PATUNG JOGJA – Hima Gallery sebagai Pusat Pembuatan Patung yang berlokasi di Yogyakarta. Kami sudah berpengalaman puluhan tahun dalam jasa pembuatan patung. Patung yang kami buat berkualitas karena dikerjakan oleh tenaga ahli dan terampil di bidangnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | HOTLINE : 0818 0400 8755

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *