Mengukir Buah Itu Mudah

Jika membahas tentang ukir, ukir ternyata tidak melulu tentang patung. Buah juga bisa dijadikan kreasi loh. Buah bisa disulap menjadi sesuatu yang menarik dan tak kalah unik. Lalu buah apa saja? Papaya, melon, timun, jeruk dan lain sebagainya. Nah yang jadi masalahnya bagaimana cara mengukirnya? Yuk kita bahas, caranya cukup mudah hanya dengan menggunakan pisau kita bisa mengubah buah-buahan yang sederhana menjadi hidangan yang menarik.

1.

1

Pilih sebuah Melon. Anda bisa menggunakan melon apa saya yang kulitnya kokoh, keras dan tidak terdapat memar atau bagian lembek. Semangka sering dipilih untuk diukir karena ukurannya, namun melon besar dan keras jenis apapun bisa dipakai.

2.

2

Potong sebagian kecil dari bagian dasar buah melon. Gunakan pisau paling tajam yang Anda punya, untuk kontrol terbaik saat mengukir. Mulailah dengan menggunakan pisau untuk memotong sebuah bagian kecil pada salah satu ujung melon, sehingga melon tersebut akan tetap berada pada posisi yang sama. Anda bisa membuat melon tersebut berdiri secara vertikal ke atas, atau meletakkan melon yang bentuknya lonjong pada sisinya yang panjang agar menjadi mangkok yang lebih panjang.

    • Pisau berbahan anti karat atau perunggu adalah pisau terbaik untuk pekerjaan ini, karena tidak akan mengubah warna buah.

3.

v4-728px-Carve-Fruit-Step-3

Gambar sebuah pola pada melon. Gunakan spidol permanen yang bagus untuk menggambar sebuah pola di atas permukaan melon, misalnya siluet kepala dan sayap seekor angsa. Anda bisa menggambarnya langsung dengan tangan, namun banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan kertas stensil dan menjiplaknya. Anda bisa mendapatkan kertas stensil seperti ini di buku-buku kecil dari toko kerajinan atau di internet.

    • Meskipun desain khusus untuk mengukir melon cukup sulit untuk ditemukan di internet, banyak situs yang dibuat khusus untuk rancangan ukiran buah labu, yang sepertinya bisa dengan mudah diadaptasikan untuk buah melon.
    • Posisikan pola Anda sehingga tidak menutupi bagian atas permukaan melon, yang biasanya akan dipotong untuk menciptakan bentuk mangkok.

4.

33

Potong sepajang pola. Sisipkan pisau ke bagian manapun kulit melon yang sudah ditandai garis spidol permanen, dan potong mengikuti seluruh pola secara hati-hati. Anda dapat memotong melon mengikuti garis pola, atau melakukan gerakan maju-mundur seperti menggergaji, tergantung pada tingkat kekerasan kulit melon dan ketajaman pisau. Pastikan untuk saat memotong benar-benar menembus kulit melon, sampai ke daging buah di bawahnya.

5.

3

Buang kulit melon yang tersisa. Setelah semua pola sudah dipotong, bagian kulit melon yang tidak menempel lagi pada melon boleh dibuang. Jika perlu, buat potongan tambahan berbentuk bundar atau lonjong di sekitar bagian atas melon, untuk membukanya menjadi sebuah bentuk mangkok. Tarik lepas potongan bagian-bagian ini dari melon tersebut dengan hati-hati, jika perlu goyang-goyang atau potong kembali untuk melepaskannya dari daging buah.

6. Kosongkan isi melon. Gunakan sendok pengeruk buah untuk mengeluarkan semua daging buah dari melon. Keruk permukaan dalam melon sehingga tinggal bagian kulit kerasnya, atau sedikit lapisan daging buah saja yang tesisa jika Anda menginginkan variasi warna.

7.

4

Isi mangkuk melon. Salad buah sepertinya adalah hal paling awam yang menjadi isian untuk mangkuk melon. Segera sajikan hidangan penutup ini, atau simpan terlebih dahulu pada lemari es. Selain salad buah, mangkuk melon ini juga bisa dipakai untuk wadah kudapan, hidangan penutup seperti trifle, atau isian lain apapun. Mangkok melon jarang dipakai untuk mewadahi barang yang bukan makanan, karena kulit melon pada akhirnya akan membusuk.

    • Anda bisa saja menguras cairan dari salad buah sebelum dihidangkan dengan cara membuat sejumlah lubang pada dasar mangkok dan meletakannya di dalam panci.
    • Jika isi mangkuk berjatuhan melalui lubang-lubang besar pada bagian bawah permukaan melon, cobalah untuk melapisi mangkuk tersebut dengan kertas perkamen atau bahan lain.

8. Ukirlah sebuah penutup untuk mangkuk Anda (tidak wajib). Apabila bagian atas dari melon tadi bisa Anda pisahkan dalam kondisi utuh, Anda dapat mengukir sebuah pola juga pada bagian tersebut. Bagian ini bisa diletakkan di atas mangkuk melon sebagai tutup mangkuk yang cantik. Langkah ini sepenuhnya tergantung pilihan Anda, dan biasanya dilakukan pada ukiran dengan desain abstrak. Jika pola ukiran Anda lebih realistis, contohnya seperti siluet angsa yang populer, sebuah tutup mangkuk dapat mengurangi keindahan desain atau membuat desain ada susah dikenali.

nah diatas beberapa tips mengubah buah sederhana menjadi sesuatu yang unik untuk dihidangkan, semoga bermanfaat 🙂

JASA PEMBUATAN PATUNG – SENI JUAL PATUNG JOGJA – KERAJINAN PATUNG – SENI PATUNG JOGJA – PRODUKSI PATUNG JOGJA – Hima Gallery sebagai Pusat Pembuatan Patung yang berlokasi di Yogyakarta. Kami sudah berpengalaman puluhan tahun dalam jasa pembuatan patung. Patung yang kami buat berkualitas karena dikerjakan oleh tenaga ahli dan terampil di bidangnya. Untuk pemesanan KLIK! DISINI | HOTLINE : 0818 0400 8755

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *